OKTAVIANA, Anayoperta Lafrida (2023) Pengaruh Penggunaan Gadget dan Kontrol Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batang, Jawa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Anayoperta Lafrida Oktaviana-C1L017040-Skripsi-2023.pdf Download (213kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-AnayopertaLafrida Oktaviana-C1L017040-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Anayoperta Lafrida Oktaviana-C1L017040-Skripsi-2023.pdf Download (177kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Anayoperta Lafrida Oktaviana-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Anayoperta Lafrida Oktaviana-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Anayoperta Lafrida Oktaviana-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Anayoperta Lafrida Oktaviana-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Anayoperta Lafrida Oktaviana-Skripsi-2023.pdf Download (201kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Anayoperta Lafrida Oktaviana-Skripsi-2023.pdf Download (421kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anayoperta Lafrida Oktaviana-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (854kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan gadget dan kontrol orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi melalui motivasi belajar sebagai variabel mediasi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batang yang mengambil mata pelajaran ekonomi. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 106 responden. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) penggunaan gadget berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) kontrol orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi; 4) motivasi belajar memediasi pengaruh antara penggunaan gadget terhadap prestasi belajar ekonomi; 5) motivasi belajar memediasi pengaruh kontrol orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi. Implikasi dari penelitian ini adalah siswa diharapkan lebih memperhatikan penggunaan gadget agar tidak berpengaruh buruk terhadap prestasi belajarnya; orang tua diharapkan dapat mengoptimalkan pengawasan kepada anaknya dengan mengontrol seperlunya, tidak mengekang, memberikan perhatian seperti meluangkan waktu berbincang dan menemani anak belajar, dan memberikan motivasi yang dapat mendorong kegiatan belajar anak; Guru diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada siswa agar termotivasi mengikuti pembelajaran, mampu berlaku tegas kepada siswa yang berlebihan menggunakan gadget saat pembelajaran, dan memberikan perhatian, cinta dan kasih kepada siswa; Sekolah diharapkan dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memfokuskan pada kegiatan pembelajaran dengan cara memantau kegiatan pembelajaran, menerapkan peraturan penggunaan gadget di sekolah, memberikan kenyamanan selama pembelajaran, dan memberikan motivasi kepada siswa agar mengikuti pelajaran agar memperoleh prestasi yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C23214 |
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Gadget, Kontrol Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | P > P612 Psychology of learning |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. OKTAVIANA Anayoperta Lafrida |
Date Deposited: | 24 May 2023 04:02 |
Last Modified: | 24 May 2023 04:02 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21445 |
Actions (login required)
View Item |