MARDYANINGSIH, Aulia (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Penerima Dana Pensiun di PT Pos Indonesia KCU Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover_Aulia Mardyaningsih_F1B018105.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_Aulia Mardyaningsih_F1B018105.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_Aulia Mardyaningsih_F1B018105.pdf Download (130kB) |
|
PDF (BabI)
Bab I_Aulia Mardyaningsih_F1B018105.pdf Restricted to Repository staff only until 31 July 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
Bab II_Aulia Mardyaningsih_F1B018105.pdf Restricted to Repository staff only until 31 July 2024. Download (4MB) |
|
PDF (BabIII)
Bab III_Aulia Mardyaningsih_F1B018105.pdf Restricted to Repository staff only until 31 July 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
Bab IV_Aulia Mardyaningsih_F1B018105.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
Bab V_Aulia Mardyaningsih_F1B018105.pdf Download (448kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_Aulia Mardyaningsih_F1B018105.pdf Download (119kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_Aulia Mardyaningsih_F1B018105.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
PT Pos Indonesia KCU Purwokerto melayani pencairan dana pensiun dengan 2 (dua) kategori yaitu ASABRI dan TASPEN. Kategori ASABRI adalah seorang pensiunan dari mantan anggota TNI, POLRI, dan ASN di lingkungan Kementrian Pertahanan dan POLRI. Kemudian kategori TASPEN adalah seluruh pensiunan pegawai pemerintahan. Penelitian ini dilatar belakangi dengan penyediaan pelayanan baik barang maupun jasa yang diberikan pada loket pelayanan pensiunan PT Pos Indonesia KCU Purwokerto masih kurang maksimal. Hal ini karena ditemukannya beberapa permasalahan diantaranya kurangnya sumber daya manusia dan sistem pengoperasian penerima dana pensiun masih menggunakan sistem manual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan nasabah penerima dana pensiun di PT Pos Indonesia KCU Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dari populasi yang berjumlah 912 terdiri dari ASABRI 498 dan TASPEN 414. Sampel yang didapatkan dengan tingkat ketidaktelitian sebesar 10% maka diperoleh sampel sebanyak 90 (ASABRI 49, TASPEN 41). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi untuk mengetahui hubungan antar variabel dan uji regresi linier sederhana untuk mencari pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan nasabah penerima dana pensiun di PT Pos Indonesia KCU Purwokerto terdapat 90% nasabah yang merasa sangat puas, dan 10% merasa puas. Kepuasan nasabah ini dipengaruhi oleh kualitas pelayanan PT Pos Indonesia KCU Purwokerto. Pengaruh yang diberikan dari kualitas pelayanan ini memberikan pengaruh yang signifikan dibuktikan dengan nilai t hitung lebih dari t tabel (6,137 ≥ 1,987). Kemudian pengaruh yang diberikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah sebesar 30,0% dengan kategori yang cukup kuat memberikan pengaruh. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa nasabah penerima dana pensiun merasakan sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh PT Pos Indonesia KCU Purwokerto. Kemudian hipotesis alternatif (Ha) diterima terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah penerima dana pensiun di PT Pos Indonesia KCU Purwokerto.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23232 |
Uncontrolled Keywords: | Dana Pensiun, Kepuasan Publik, Kualitas Pelayanan |
Subjects: | P > P647 Public service commissions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs. MARDYANINGSIH Aulia |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 06:50 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 06:50 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22148 |
Actions (login required)
View Item |