LARASATI, Gita Dwi (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Klinik Bhayangkara “SAR” Polresta Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-GITA DWI LARASATI-F1B016106-SKRIPSI-2023.pdf Download (343kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-GITA DWI LARASATI-F1B016106-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (885kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-GITA DWI LARASATI-F1B016106-SKRIPSI-2023.pdf Download (334kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-GITA DWI LARASATI-F1B016106-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (380kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-GITA DWI LARASATI-F1B016106-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (468kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-GITA DWI LARASATI-F1B016106-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (672kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-GITA DWI LARASATI-F1B016106-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-GITA DWI LARASATI-F1B016106-2023.pdf Download (335kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-GITA DWI LARASATI-F1B016106-SKRIPSI-2023.pdf Download (436kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-GITA DWI LARASATI-F1B016106-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya keluhan terkait pelayanan Kesehatan di Klinik Bhayangkara “SAR” Polresta Cilacap yang mencerminkan kurangnya kepuasan dan perlu adanya evaluasi pada variabel tangibles, responsiveness, empathy. Keberhasilan pelayanan publik dapat dilihat dari tingkat kepuasan pelanggan, namun dalam kenyataannya masih ada keluhan masyarakat mengenai kurang optimalnya pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan publik terhadap tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan di Klinik Bhayangkara “SAR” Polresta Cilacap, dengan sasaran penelitian adalah semua pasien yang telah menggunakan jasa pelayanan di Klinik Bhayangkara Cilacap. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Adapun dengan teknik pemilihan sampel dengan accidental sampling dengan jumlah 77 responden. Menggunakan teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan korelasi kendall tau-b dan regresi ordinal. Hasil Penelitian ini adalah Hasil analisis korelasi Kendall Tau-b sebesar 0,517 dan analisis regresi ordinal dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,481 atau 48,1 persen. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan dan positif antara Kualitas Pelayanan Klinik (X) terhadap Tingkat Kepuasan Pasien (Y), Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Klinik Bhayangkara “SAR” Polresta Cilacap. Disarankan bagi Klinik Bhayangkara “SAR” Polresta Cilacap lebih memperhatikan sikap ramah dan tanggap pada pelayanan publik memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap kesesuaian harapan pasien dengan kenyataan yang ada di lapangan. Selain itu perlu juga dilakukan peningkatan fasilitas serta sarana prasarana yang ada di klinik guna memberikan kenyamanan kepada pasien, serta peningkatan rasa tanggap dan empati dari petugas Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23341 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Publik, Tingkat Kepuasan Pasien |
Subjects: | J > J56 Job satisfaction P > P103 Patients P > P647 Public service commissions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs. LARASATI Gita Dwi |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 00:41 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 00:41 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22775 |
Actions (login required)
View Item |