QURNIAWATI, Dina (2023) Dampak Model Pembelajaran Treffinger terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER_Dina Qurniawati_C1L019024_SKRIPSI_2023.pdf Download (440kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Dina Qurniawati_C1L019024_SKRIPSI_2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Dina Qurniawati_C1L019024_SKRIPSI_2023.pdf Download (436kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I_Dina Qurniawati_C1L019024_SKRIPSI_2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 November 2024. Download (583kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II_Dina Qurniawati_C1L019024_SKRIPSI_2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 November 2024. Download (628kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III_Dina Qurniawati_C1L019024_SKRIPSI_2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 November 2024. Download (446kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV_Dina Qurniawati_C1L019024_SKRIPSI_2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V_Dina Qurniawati_C1L019024_SKRIPSI_2023.pdf Download (437kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Dina Qurniawati_C1L019024_SKRIPSI_2023.pdf Download (679kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Dina Qurniawati_C1L019024_SKRIPSI_2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu yang dilakukan terhadap siswa kelas XII MIPA MAN 2 Banyumas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan kurang kreatif siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis perbedaan dalam pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran Treffinger. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 di MAN 2 Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan non equivalent control group design, yaitu menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 156 responden yang merupakan jumlah siswa kelas XII MIPA yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Banyumas tahun ajaran 2023/2024. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling di mana penentuan sampel berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, sehingga diperoleh kelas XII MIPA 3 dan XII MIPA 4 dengan jumlah 76 responden yang akan diuji dengan menggunakan instrumen pemahaman konsep berupa 14 soal pilihan ganda dan kemampuan berpikir kreatif berupa 4 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Treffinger. Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Treffinger. Implikasi penelitian ini adalah diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan model pembelajaran Treffinger. Guru dan sekolah dapat mempertimbangkan penerapan model pembelajaran Treffinger dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini didasari hasil penelitian terdahulu menyatakan bahwa model pembelajaran Treffinger mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C23521 |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Treffinger, Pemahaman Konsep, dan Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Dina Qurniawati |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 03:25 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 03:25 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24325 |
Actions (login required)
View Item |