FEBIAS, Harsal Nikmah (2023) Pembelajaran Keterampilan Berbicara Materi Negosiasi (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Xe-9 di SMAN 1 Sampang). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER (1).pdf Download (133kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
|
PDF (BabI)
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only until 29 November 2024. Download (120kB) |
|
PDF (BabII)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only until 29 November 2024. Download (144kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only until 29 November 2024. Download (250kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB 5.pdf Download (104kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) |
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh peserta didik. Pentingnya keterampilan berbicara tidak hanya dalam lingkup pendidikan saja, tetapi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui keterampilan berbicara peserta didik pada materi teks negosiasi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XE-9 SMA N 1 Sampang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber yang digunakan pada penelitian ini yaitu sumber primer dan sekunder. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Selain itu, keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran keterampilan berbicara materi teks negosiasi pada kelas XE-9 di SMA N 1 Sampang pendidik masih menggunakan metode ceramah, tetapi peserta didik memperoleh hasil belajar yang baik dengan rata-rata keseluruhan sebesar 82. Hal tersebut karena situasi belajar dan gaya menyampaikan pendidik yang santai mengakibatkan mereka tetap fokus mengikuti pembelajaran. Selain itu, pendidik menggunakan media berupa power point untuk menunjang pembelajaran yang didalamnya sudah diisi dengan materi pelajaran. Pelaksanaan pada kelas XE-9 yang cukup baik dengan hasil belajar yang dapat dibilang memenuhi standar minimum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J23294 |
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berbicara, teks negosiasi, pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | L > L51 Language and languages P > P648 Public speaking |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Harsal Nikmah Febias |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 02:39 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 02:39 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24639 |
Actions (login required)
View Item |