ABDILLAH, Sulaiman (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) Terhadap Kepuasan Peserta Program Jaminan Hari Tua Pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER- Sulaiman Abdillah-F1B020077-Skripsi-2024.pdf Download (297kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS- Sulaiman Abdillah-F1B020077-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK- Sulaiman Abdillah-F1B020077-Skripsi-2024.pdf Download (243kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Sulaiman Abdillah-F1B020077-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 11 January 2025. Download (535kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II- Sulaiman Abdillah-F1B020077-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 11 January 2025. Download (681kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III- Sulaiman Abdillah-F1B020077-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 11 January 2025. Download (589kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Sulaiman Abdillah-F1B020077-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Sulaiman Abdillah-F1B020077-Skripsi-2024.pdf Download (245kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA- Sulaiman Abdillah-F1B020077-Skripsi-2024.pdf Download (482kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN- Sulaiman Abdillah-F1B020077-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kabupaten Banyumas merupakan salah satu dari empat kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dengan nilai terbaik dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik. Di mana kualitas dari pelayanan publik menjadi salah satu ujung dari keberhasilan reformasi birokrasi dan menjadi barometer kepuasan masyarakat. Dinamika masyarakat yang masif kini menuntut pelayanan publik menjadi lebih cepat dan mudah. Akan tetapi, dari hasil Indeks Kepuasan Peserta BPJAMSOSTEK menunjukkan bahwa kepuasan yang dirasakan oleh peserta dari tiga tahun terakhir terhitung sejak 2019-2021 mengalami penurunan. Jika melihat fenomena tersebut, menjadi tugas bagi pihak instansi BPJS Ketenagakerjaan dalam meningkatkan kepuasan para peserta program. Salah satu program BPJS yang memiliki peserta yang banyak adalah Program Jaminan Hari Tua (JHT). Jika melihat perkembangan teknologi digital, kepuasan yang dirasakan oleh peserta dapat dipengaruhi oleh kualitas dari sistem aplikasi Jamsostek Mobile Online (JMO). Hal ini disebabkan para peserta BPJAMSOSTEK memiliki intensitas yang cukup tinggi dalam menggunakan aplikasi tersebut sebagai media dalam mendapatkan pelayanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan Aplikasi JMO terhadap Kepuasan Peserta program JHT BPJS Ketenagakerjaan KC Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pemilihan responden yakni simple random sampling dengan rumus Yamane. Responden yang dihitung berdasarkan rumus Yamane diperoleh sejumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan data yang dikumpulkan secara primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Uji validitas data menggunakan teknik product moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi kendall tau-c serta regresi ordinal. Alat analisis yang digunakan adalah IBM SPSS Statistics versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan aplikasi JMO terhadap kepuasan peserta program JHT yang dibuktikan melalui Uji Korelasi Kendall Tau-c. (2) Terdapat pengaruh dengan arah positif dan signifikan antara kualitas pelayanan aplikasi JMO terhadap kepuasn peserta program JHT. Artinya, ketika terjadi perubahan semakin meningkat kualitas pelayanan pada aplikasi JMO maka semakin meningkat juga kepuasan peserta program JHT.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24005 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, BPJS Ketenagakerjaan, JMO, Kepuasan Peserta, Program Jaminan Hari Tua, Pelayanan Digital. |
Subjects: | C > C432 Civil service D > D174 Digital electronics J > J56 Job satisfaction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mr Sulaiman Abdillah |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 00:52 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 00:52 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24983 |
Actions (login required)
View Item |