UTARI, Rismiana Tri (2023) Efektivitas Model Brain Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Realia Terhadap Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rismiana Tri Utari-C1L018003-Skripsi-2023.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rismiana Tri Utari-C1L018003-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rismiana Tri Utari-C1L018003-Skripsi-2023.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Rismiana Tri Utari-C1L018003-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 30 January 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Rismiana Tri Utari-C1L018003-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 30 January 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Rismiana Tri Utari-C1L018003-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 30 January 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Rismiana Tri Utari-C1L018003-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Rismiana Tri Utari-C1L018003-Skripsi-2023.pdf Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rismiana Tri Utari-C1L018003-Skripsi-2023.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rismiana Tri Utari-C1L018003-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen pada peserta didik SMA Negeri 5 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model brain based learning berbantuan media pembelajaran realia terhadap aktivitas belajar mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design dengan melakukan suatu percobaan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan instrumen soal pilihan ganda terkait materi perbankan. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana responden yang dijadikan sampel berdasarkan atas kriteria tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dengan media pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen dengan model pembelajaran brain based learning berbantuan media pembelajaran realia terhadap aktivitas belajar peserta didik. Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik dengan model pembelajaran brain based learning berbantuan media pembelajaran realia dibandingkan dengan nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Pembelajaran Brain based learning, Media Realia, Aktivitas Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24128 |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Brain based learning, Media Realia, Aktivitas Belajar |
Subjects: | L > L89 Learning and scholarship M > M437 Models |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. Rismiana Tri Utari |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 00:55 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 00:55 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25396 |
Actions (login required)
View Item |