LUTHFIYA, Nabila Hasna (2024) Measuring The Effectiveness of Spotify-Based English Children Songs to Improve Students’ Listening Skills (Quasi-Experimental Research at Grades 7 A and 7 B of SMPN 3 Purbalingga in the Academic Year 2022/2023). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Nabila Hasna Luthfiya-J1E020001-Skripsi-2024.pdf Download (239kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nabila Hasna Luthfiya-J1E020001-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nabila Hasna Luthfiya-J1E020001-Skripsi-2024.pdf Download (253kB) |
|
PDF (BabI)
BAB 1-Nabila Hasna Luthfiya-J1E020001-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 12 February 2025. Download (286kB) |
|
PDF (BabII)
BAB 2-Nabila Hasna Luthfiya-J1E020001-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 12 February 2025. Download (302kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB 3-Nabila Hasna Luthfiya-J1E020001-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 12 February 2025. Download (306kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB 4-Nabila Hasna Luthfiya-J1E020001-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
PDF (BabV)
BAB 5-Nabila Hasna Luthfiya-J1E020001-Skripsi-2024.pdf Download (145kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nabila Hasna Luthfiya-J1E020001-Skripsi-2024.pdf Download (220kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nabila Hasna Luthfiya-J1E020001-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Lagu berbahasa inggris anak-anak adalah salah media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa. Spotify adalah aplikasi musik yang menyediakan berbagai macam genre lagu. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa menggunakan lagu anak-anak berbasis Spotify; (2) untuk mengetahui cara untuk mengaplikasikan lagu anak-anak berbasis Spotify untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan. Penelitian ini menggunakan design quasi-experimental dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 20 sampel siswa kelas 7 A dan 7 B SMPN 3 Purbalingga. Instrumen penelitian berupa test, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan mendengarkan siswa setelah menggunakan lagu anak-anak berbasis Spotify meningkat hingga 23.55% dari skor rata-rata pre-test 67.29 menjadi skor rata-rata post-test 83.14. Selanjutnya hasil nilai signifikansi adalah 0.000 < 0.05, artinya keterampilan mendengarkan siswa menggunakan lagu anak-anak berbasis Spotify meningkat secara signifikan. Dengan kata lain Hipotesis Alternatif diterima dan Hipotesis Null ditolak. Penggunaan lagu anak-anak berbasis Spotify dalam keterampilan mendengarkan siswa cukup efektif. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan nilai gain. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa gain score adalah 0.44 dari skor rata-rata pre test 67.29 menjadi skor rata-rata post-test 83.14 dan termasuk dalam kategori sedang gain score yaitu 0.7 ≥ gain ≥ 0.3. Hasil yang ditemukan dalam observasi dan dokoumentasi yaitu cara menggunakan lagu anak-anak berbasis Spotify untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa antara lain: lagu yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan siswa, tidak mengandung ras dan agama, serta menggunakan intonasi yang lambat dan selaras dengan materi pembelajaran; siswa bisa bernyanyi bersama dengan guru; lagu yang dipilih selaras dengan hasil pembelajaran yang akan dicapai. Dapat disimpulkan bahwa lagu berbahasa inggris anak-anak berbasis Spotify efektif untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa. Peneliti menyarankan agar guru dan siswa dapat menggunakan lagu berbahasa inggris anak-anak berbasis Spotify sebagai media pembelajaran kemampuan mendengarkan. Peneliti lain juga dapat menggunakan penelitian ini sebagai pedoman untuk melakukan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24013 |
Uncontrolled Keywords: | Spotify, English children songs, Listening Skills |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs. Nabila Hasna Luthfiya |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 02:24 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 02:24 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25638 |
Actions (login required)
View Item |