IMANIDAR, Oka (2024) Audit Komunikasi Internal Media Sosial Humas Pemerintah Kabupaten Tegal. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER_Oka Imanidar_F2C020001_Tesis_2024.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Oka Imanidar_F2C020001_Tesis_2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Oka Imanidar_F2C020001_Tesis_2024.pdf Download (65kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I_Oka Imanidar_F2C020001_Tesis_2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II_Oka Imanidar_F2C020001_Tesis_2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III_Oka Imanidar_F2C020001_Tesis_2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV_Oka Imanidar_F2C020001_Tesis_2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V_Oka Imanidar_F2C020001_Tesis_2024.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Oka Imanidar_F2C020001_Tesis_2024.pdf (1).pdf Download (279kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Oka Imanidar_F2C020001_Tesis_2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) |
Abstract
Audit komunikasi internal menjadi aspek penting dalam upaya peningkatan komunikasi di lingkungan internal Pemerintah Kabupaten Tegal. Media sosial telah menjadi alat komunikasi yang signifikan dalam menyampaikan informasi kepada berbagai pihak, termasuk pegawai pemerintahan dan masyarakat umum. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk melakukan audit komunikasi internal media sosial yang dilakukan oleh Humas Pemerintah Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang melibatkan analisis konten dari pesan-pesan yang disampaikan melalui media sosial, serta wawancara dengan staf Humas untuk memahami strategi dan tujuan komunikasi internal. Hasil audit ini memberikan gambaran komprehensif tentang efektivitas kampanye komunikasi internal melalui media sosial. Temuan ini dapat memberikan masukan berharga bagi Humas Pemerintah Kabupaten Tegal dalam meningkatkan strategi komunikasi internalnya. Potensi kendala dan peluang yang teridentifikasi dapat dijadikan dasar untuk merumuskan rencana komunikasi yang lebih baik di masa depan. Humas Pemerintah Kabupaten Tegal telah memanfaatkan media sosial sebagai media komunikasi Humas Pemerintah Kabupaten Tegal dengan maksimal. Pemanfaatan media sosial tersebut bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat Kabupaten Tegal dan mengelola aduan yang disampaikan masyarakat Kabupaten Tegal. Adapun media sosial Humas Pemerintah Kabupaten Tegal yaitu Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, dan TikTok. Konten Humas Pemerintah Kabupaten Tegal memuat informasi berdasarkan fakta yang didapat dari hasil riset dan sumber dinas terkait. Media sosial Humas Pemerintah Kabupaten Tegal yang memiliki interaksi tinggi yaitu Facebook. Sedangkan, Youtube menjadi media sosial dengan interaksi rendah. Demi menjaga kualitas konten, Humas Pemerintah Kabupaten Tegal mengadakan evaluasi setiap minggu serta memfasilitasi admin media sosial untuk berkembang dengan memberikan pelatihan atau kursus tertentu. Sebagai corong pemerintahan, Humas Pemerintah Kabupaten Tegal aktif merespon aduan masyarakat di semua sosial media. Di samping itu, admin Humas Pemerintah Kabupaten Tegal juga membangun hubungan baik dengan publik dengan cara menanggapi komentar di setiap postingan. Kendala yang dihadapi Humas Pemerintah Kabupaten Tegal adalah tidak adanya anggaran pengganti kuota internet padahal admin media sosial harus aktif dan siap mengunggah konten dalam rentang waktu dua puluh empat jam selama satu hari, sehFingga admin media sosial tidak dapat selalu memanfaatkan fasilitas internet di kantor. Kendala lain adalah di beberapa media sosial seperti YouTube dan TikTok memiliki interaksi (engagement) yang rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P224072 |
Uncontrolled Keywords: | Audit Komunikasi Internal, Hubungan Masyarakat, Media Sosial |
Subjects: | P > P647 Public service commissions |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs OKA IMANIDAR |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 01:49 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 01:49 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26312 |
Actions (login required)
View Item |