WIBOWO, Olivia Putri (2024) Pengembangan Modul Ajar Berbasis Flipbook Keterampilan Menulis Teks Berita pada Peserta Didik Kelas VII SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Olivia Putri Wibowo-J1D020044-Skripsi-2024.pdf Download (186kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Olivia Putri Wibowo-J1D022044-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Olivia Putri Wibowo-J1D020044-Skripsi-2024.pdf Download (249kB) |
|
PDF (BabI)
BAB -I-Olivia Putri Wibowo-J1D020044-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 May 2025. Download (254kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Olivia Putri Wibowo-J1D020044-Skripsi-2024.pdf Restricted to Registered users only until 15 May 2025. Download (301kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Olivia Putri Wibowo-J1D020044-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 May 2025. Download (339kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Olivia Putri Wibowo-J1D020044-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Olivia Putri Wibowo-J1D020044-Skripsi-2024.pdf Download (177kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Olivia Putri Wibowo-J1D020044-Skripsi-2024.pdf Download (244kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Olivia Putri Wibowo-J1D020044-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik kelas VII SMP/MTs. Latar belakang penelitian ini karena kurangnya variasi atau opsi bahan ajar interaktif. Bentuk penelitian ini Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dalam penelitian ini berupa data analisis kebutuhan dan hasil uji validasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan mix methode (kualitatif dan kuantitatif). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) pengembangan modul ajar berbasis flipbook menggunakan bantuan aplikasi Canva dan Heyzine sebagai alternatif bahan ajar yang menarik; (2) respons peserta didik terhadap pengembangan modul ajar berbasis flipbook sangat baik; (3) tingkat kevalidan modul ajar menghasilkan produk teruji valid dan efektif dengan perolehan rata-rata kumulatif 0,71-0,90 yang tergolong dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uraian tersebut, maka disimpulkan bahwa modul ajar berbasis flipbook yang dikembangkan dalam penelitian ini layak untuk digunakan pada kegiatan belajar mengajar Bahasa Indonesia kelas VII SMP/Mts.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24085 |
Uncontrolled Keywords: | modul ajar, flipbook, keterampilan menulis |
Subjects: | C > C931 Creative writing Literature |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Olivia Putri Wibowo |
Date Deposited: | 15 May 2024 06:31 |
Last Modified: | 15 May 2024 06:34 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26884 |
Actions (login required)
View Item |