Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Studi Kasus Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Materi Teks Hikayat pada Kelas X SMA Negeri 3 Purwokerto

NURKHABANI, Imroatun Indah (2024) Studi Kasus Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Materi Teks Hikayat pada Kelas X SMA Negeri 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Imroatun Indah Nurkhabani-J1D019003-Skripsi-2024.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Imroatun Indah Nurkhabani-J1D019003-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Imroatun Indah Nurkhabani-J1D019003-Skripsi-2024.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Imroatun Indah Nurkhabani-J1D019003-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2025.

Download (57kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Imroatun Indah Nurkhabani-J1D019003-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2025.

Download (170kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Imroatun Indah Nurkhabani-J1D019003-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2025.

Download (87kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Imroatun Indah Nurkhabani-J1D019003-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Imroatun Indah Nurkhabani-J1D019003-Skripsi-2024.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Imroatun Indah Nurkhabani-J1D019003-Skripsi-2024.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Imroatun Indah Nurkhabani-J1D019003-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam kurikulum merdeka mengusulkan pendekatan lebih bermakna dan partisipatif bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan PjBL pada materi teks hikayat dalam pembelajaran Bahasa Indoneia kelas X. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) proses penilaian, (4) kendala, dan (5) solusi dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek materi teks hikayat pada kelas X di SMA Negeri 3 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah kelas XE-6 SMA Negeri 3 Purwokerto. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dari Miles dan Huberman. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian yang dilakukan adalah deskripsi dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) proses penilaian, (4) kendala, dan (5) solusi dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek materi teks hikayat pada kelas X SMA Negeri 3 Purwokerto berdasarkan penerapan kurikulum merdeka. Penerapan proyek pada materi teks hikayat dengan membuat video drama monolog atau dialog dengan teks hikayat yang sudah dipelajari sebelumnya. Kendala yang dialami selama proses pembelajaran dan pelaksanaan proyek oleh pendidik (1) sumber belajar yang kurang lengkap, (2) tidak tersedia buku paket fisik Bahasa Indonesia, (3) kurangnya sarana dan prasarana, (4) kondisi kelas yang kurang kondusif, (5) kurang termotivasi dalam membuat rubrik penilaian. Kendalah yang dialami peserta didik (1) tidak konsentrasi, (2) tidak memiliki jaringan internet, (3) kurang termotivasi dari diri sendiri, (4) kurang waktu dalam pelaksanaan proyek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J24203
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pembelajaran Berbasis Proyek (pjbl), Teks Hikayat.
Subjects: C > C716 Concept learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs. Imroatun Indah Nurkhabani
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:36
Last Modified: 02 Aug 2024 01:36
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28296

Actions (login required)

View Item View Item