Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar di SMA Negeri 1 Baturraden

AMALIA, Rodhatul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar di SMA Negeri 1 Baturraden. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Rodhatul Amalia-C1L020002-Skripsi-2024.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rodhatul Amalia-C1L020002-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rodhatul Amalia-C1L020002-Skripsi-2024.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Rodhatul Amalia-C1L020002-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 November 2025.

Download (215kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Rodhatul Amalia-C1L020002-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 November 2025.

Download (206kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Rodhatul Amalia-C1L020002-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 November 2025.

Download (310kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Rodhatul Amalia-C1L020002-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Rodhatul Amalia-C1L020002-Skripsi-2024.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rodhatul Amalia-C1L020002-Skripsi-2024.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rodhatul Amalia-C1L020002-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya kelas XI yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi, rendahnya literasi membaca siswa yang mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dan pembelajaran yang masih menggunakan model konvensional Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Baturraden. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan bentuk quasi experimental design dan tipe desain nonequivalent control group design yang pada prosesnya menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 108 siswa yang meliputi siswa kelas XI-4, XI-5, dan XI-6 di SMA Negeri 1 Baturraden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dimana dalam menentukan sampel penelitian berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yang telah ditentukan oleh peneliti. Oleh karena itu, sampel dalam penelitian ini diperoleh 72 responden yang terdiri dari siswa kelas XI-5 dan kelas XI-6 SMA Negeri 1 Baturraden. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama, penerapan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dari model pembelajaran konvensional. Kedua terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar. Ketiga terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Implikasi penelitian ini yaitu guru dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran dengan mengaplikasikan model pembelajaran STAD melalui pembentukan kelompok kecil untuk belajar bersama dan mampu mengasah kemampuan berpikir kritisnya dengan memecahkan suatu kasus sehingga dapat meraih hasil belajar yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24479
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Division, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: A > A19 Academic achievement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. Rodhatul Amalia
Date Deposited: 13 Nov 2024 06:29
Last Modified: 13 Nov 2024 06:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30434

Actions (login required)

View Item View Item