FARADIBA, Sabita Aisyah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kecerdasan Adversitas dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Sabita Aisyah Faradiba-C1L019016-Skripsi-2024.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sabita Aisyah Faradiba-C1L019016-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sabita Aisyah Faradiba-C1L019016-Skripsi-2024.pdf Download (152kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Sabita Aisyah Faradiba-C1L019016-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 13 December 2025. Download (195kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Sabita Aisyah Faradiba-C1L019016-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 13 December 2025. Download (312kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Sabita Aisyah Faradiba-C1L019016-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 13 December 2025. Download (360kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Sabita Aisyah Faradiba-C1L019016-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Sabita Aisyah Faradiba-C1L019016-Skripsi-2024.pdf Download (41kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sabita Aisyah Faradiba-C1L019016-Skripsi-2024.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sabita Aisyah Faradiba-C1L019016-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) |
Abstract
Permasalahan pada kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah dalam pembelajaran ekonomi disebabkan salah satunya oleh pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru serta peran dari kecerdasan adversitas dan kecerdasan interpersonal pada siswa yang dapat juga mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah, (2) menganalisis perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah, (3) menganalisis pengaruh kecerdasan adversitas terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi dan (4) menganalisis pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu, Quasy Experimental Design dengan Non-equivalent control group design. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperoleh menggunakan pre-test, post-test dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang memperoleh mata pelajaran ekonomi dengan total 176 siswa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 68 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Berdasarkan pada hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi. Kedua, kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbais masalah lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi. Ketiga, kecerdasan adversitas berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Keempat, kecerdasan interpersonal berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat melakukan inovasi model pembelajaran yang lebih menarik, interaktif dan melatih berpikir kritis siswa. Sekolah dapat melakukan kegiatan pembinaan kepada guru terkait model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan pembelajaran siswa di sekolah. Siswa dapat meningkatkan kecerdasan adversitas dan kecerdasan interpersonalnya melalui pembiasaan diri untuk proses pembelajaran yang dilakukan secara disiplin dan aktif untuk berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24507 |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kecerdasan Adversitas, Kecerdasan Interpersonal, Kemampuan Berpikir Kritis. |
Subjects: | C > C969 Critical thinking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. Sabita Aisyah Faradiba |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 01:37 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 01:37 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30982 |
Actions (login required)
View Item |