Salsabila, Talida Miska (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only until 17 January 2026. Download (132kB) |
|
PDF (BABII)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only until 17 January 2026. Download (222kB) |
|
PDF (BABIII)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only until 17 January 2026. Download (197kB) |
|
PDF (BABIV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
PDF (BABV)
BAB 5.pdf Download (42kB) |
|
PDF (DAFTARPUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (792kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan dan pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 di SMA Negeri 2 Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian berjumlah 396 siswa yang merupakan jumlah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Purwokerto. Sampel penelitian sebanyak 72 siswa dari kelas XI.1 dan XI.2, dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Keduanya diuji menggunakan instrumen soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dengan 5 butir soal, serta soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model PBL dan siswa dengan model pembelajaran konvensional yang diperoleh dari hasil uji-t dimana thitung 7,938 > ttabel 1,994. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model PBL dan siswa dengan model pembelajaran konvensional yang diperoleh dari hasil uji-t dimana thitung 7,412 > ttabel 1,994. Ketiga, model PBL memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari hasil uji regresi linear sederhana dimana thitung 7,406 > ttabel 1,66691. Keempat, model PBL memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil uji regresi linear sederhana dimana thitung 7,412 > ttabel 1,66691. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat mengaplikasikan model PBL dalam pembelajaran guna menarik perhatian siswa, mendorong keterlibatan aktif, dan mempermudah mereka dalam memahami materi yang diajarkan. Penerapan model PBL pada saat pembelajaran, mampu membuat siswa tertarik dan tidak bosan. Pernyataan tersebut berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pencapaian hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C25068 |
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement C > C969 Critical thinking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Talida Miska Salsabila |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 01:19 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 01:19 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31413 |
Actions (login required)
View Item |