AMALIA, Desi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheets Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Peserta Didik SMA Negeri 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-DESI AMALIA-C1L020037-SKRIPSI-2025.pdf Download (121kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-DESI AMALIA-C1L020037-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-DESIAMALIA-C1L020037-SKRIPSI-2025.pdf Download (157kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-DESI AMALIA-C1L020037-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 January 2026. Download (231kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-DESI AMALIA-C1L020037-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Registered users only until 23 January 2026. Download (266kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III- DESI AMALIA-C1L020037-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 January 2026. Download (262kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-DESI AMALIA-C1L020037-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-DESI AMALIA-C1L020037-SKRIPSI-2025.pdf Download (94kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-DESI AMALIA-C1L020037-SKRIPSI-2025.pdf Download (253kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-DESI AMALIA-C1L020037-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis dan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 3 Purwokerto. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan liveworksheets terhadap kemampuan berpikir kritis dan keaktifan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini peserta didik kelas X sebanyak 392 orang. Teknik sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel 72 orang dari kelas XE-2 dan Kelas XE-8. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi keaktifan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda. Uji prasyarat penelitian ini yaitu normalitas dan homogenitas. Uji data dengan uji independent sample t-test menggunakan SPSS 26. Analisis data dan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif model pembelajaran problem based learning berbantuan liveworksheets terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 3 Purwokerto; (2) Terdapat pengaruh positif model pembelajaran problem based learning berbantuan liveworksheets terhadap keaktifan peserta didik SMA Negeri 3 Purwokerto. Implikasi dari penelitian ini yaitu diantaranya: (1) Guru dapat menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan liveworksheets sehingga kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat; (2) Peserta didik dapat pengalaman belajar baru dengan pembelajaran model problem based learning berbantuan liveworksheets sehingga aktif dalam pembelajaran; (3) Sekolah dapat mempertimbangkan pengoptimalan sarana dan prasarana untuk menunjang penerapan model problem based learning berbantuan liveworksheets.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C25106 |
Uncontrolled Keywords: | model problem based learning, liveworksheets, kemampuan berpikir kritis, keaktifan |
Subjects: | C > C969 Critical thinking L > L89 Learning and scholarship |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. Desi Amalia |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 11:17 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 11:17 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31696 |
Actions (login required)
View Item |