Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Tingkat Kepentingan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Dimsum Uma Yumcha Purwokerto

SUTARMAN, Salsabila Indriani (2025) Analisis Tingkat Kepentingan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Dimsum Uma Yumcha Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-SALSABILA INDRIANI SUTARMAN-A1F021016-SKRIPSI-2025.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-SALSABILA INDRIANI SUTARMAN-A1F021016-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-SALSABILA INDRIANI SUTARMAN-A1F021016-SKRIPSI-2025.pdf.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-SALSABILA INDRIANI SUTARMAN-A1F021016-SKRIPSI-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2026.

Download (162kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-SALSABILA INDRIANI SUTARMAN-A1F021016-SKRIPSI-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2026.

Download (311kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-SALSABILA INDRIANI SUTARMAN-A1F021016-SKRIPSI-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2026.

Download (315kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-SALSABILA INDRIANI SUTARMAN-A1F021016-SKRIPSI-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-SALSABILA INDRIANI SUTARMAN-A1F021016-SKRIPSI-2025.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-SALSABILA INDRIANI SUTARMAN-A1F021016-SKRIPSI-2025.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-SALSABILA INDRIANI SUTARMAN-A1F021016-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

UMKM Dimsum Uma Yumcha yang berlokasi di Kecamatan Purwokerto mengalami peningkatan permintaan setiap bulan. Namun, UMKM ini juga menghadapi persaingan dari usaha sejenis di wilayah yang sama. Dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan permintaan produk, diperlukan analisis terhadap tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen untuk mengidentifikasi atribut yang perlu diperbaiki. Hasil analisis ini akan menjadi acuan dalam pengembangan produk agar lebih diterima oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis indeks kepuasan konsumen terhadap produk Dimsum Uma Yumcha Purwokerto menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI), menentukan atribut yang perlu diperbaiki pada produk Dimsum Uma Yumcha Purwokerto, merumuskan strategi perbaikan produk Dimsum Uma Yumcha Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen beserta perbaikannya yaitu dengan melalukan survei menggunakan instrumen survei berupa kuesioner. Data yang didapatkan kemudian akan diolah dan dianalisis menggunakan metode Important Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI), dan Fishbone diagram. Berdasarkan hasil analisis CSI memiliki nilai 77,80% yang berada pada kategori ‘puas’ Sedangkan hasil dari IPA terdapat 6 atribut yang perlu diperbaiki yakni, citarasa gurih pada saos, penampilan rapih pada karyawan, kebersihan pakaian karyawan, kebersihan dan kenyamanan tampat makan, kemudahan memperoleh produk secara offline, promosi melalui media sosial. Hasil analisis fishbone menemukan beberapa akar permasalahan yakni, waktu dan suhu pengukusan yang tidak sesuai, ketidakonsistenan dalam pencampuran bumbu, ketidakdisiplinan karyawan terhadap kebersihan dan kerapihan seragam, kurangnya perhatian terhadap kebersihan tempat makan, kurangnya perhatian karyawan terhadap penyediaan stok, ketidakmampuan untuk mengikuti tren media sosial terbaru sehingga konten menjadi kurang menarik. Stategi perbaikan berupa memberikan lubang uap yang sama besar dan penempatan dimsum yang merata pada pengukusan dapat mengatasi warna kuning-kecokelatan pada dimsum. Strategi untuk masalah citarasa gurih pada dimsum dapat berupa penyusunan SOP yang jelas dan terperinci untuk setiap tahap produksi. Strategi untuk masalah penampilan rapi dan kebersihan pakaian karyawan dapat berupa pemberian edukasi dan kebijakan secara jelas mengenai penggunaan seragam. Strategi untuk masalah kebersihan dan kenyamanan tempat makan dapat berupa pengadaaan budaya kerja terhadap pentingnya kebersihan dan sikap apatis terhadap standar hygiene. Strategi untuk masalah kemudahan memperoleh produk secara offline berupa pembuatan prosedur standar untuk komunikasi antar tim penjualan, gudang, dan manajemen serta mengadakan rapat untuk mengevaluasi kebutuhan stok yang berpengaruh. Strategi untuk masalah promosi melalui media sosial berupa perencanaan konten dan penetapan jadwal posting yang sesuai serta relevansi konten yang dipublikasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A25217
Uncontrolled Keywords: Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), kepuasan konsumen, strategi perbaikan produk.
Subjects: C > C793 Consumers
J > J56 Job satisfaction
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mrs Salsabila Indriani Sutarman
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:28
Last Modified: 28 Jul 2025 08:28
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35225

Actions (login required)

View Item View Item