ASRI, Nurlita Novia (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning (GBL) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 1 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf Download (44kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf Download (62kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2026. Download (289kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2026. Download (590kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2026. Download (452kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf Download (242kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf Download (242kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan siswa antara yang menggunakan model pembelajaran GBL berbantuan media wordwall dengan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MAN 1 Banyumas dan mengetahui pengaruh model pembelajaran GBL berbantuan media wordwall terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MAN 1 Banyumas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode quasi experimental dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MAN 1 Banyumas tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 76 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, tes, kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat perbedaan keaktifan siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran GBL berbantuan media wordwall dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Make a Match. (2) penggunaan model pembelajaran GBL berbantuan media wordwall memberikan pengaruh positif terhadap keaktifan siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25386 |
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Game Based Learning (GBL), Media Wordwall, Model Make a Match, Keaktifan Siswa |
| Subjects: | L > L89 Learning and scholarship S > S761 Student activities |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs. Nurlita Novia Asri |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 07:31 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 07:31 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
