Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning (GBL) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 1 Banyumas

ASRI, Nurlita Novia (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning (GBL) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 1 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2026.

Download (289kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2026.

Download (590kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2026.

Download (452kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf

Download (242kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf

Download (242kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nurlita Novia Asri-C1L018022-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan siswa antara yang menggunakan model pembelajaran GBL berbantuan media wordwall dengan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MAN 1 Banyumas dan mengetahui pengaruh model pembelajaran GBL berbantuan media wordwall terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MAN 1 Banyumas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode quasi experimental dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MAN 1 Banyumas tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 76 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, tes, kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat perbedaan keaktifan siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran GBL berbantuan media wordwall dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Make a Match. (2) penggunaan model pembelajaran GBL berbantuan media wordwall memberikan pengaruh positif terhadap keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25386
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Game Based Learning (GBL), Media Wordwall, Model Make a Match, Keaktifan Siswa
Subjects: L > L89 Learning and scholarship
S > S761 Student activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. Nurlita Novia Asri
Date Deposited: 29 Jul 2025 07:31
Last Modified: 29 Jul 2025 07:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35294

Actions (login required)

View Item View Item