IRIANTO, Budi (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Di Rsu Permata Medika Kebumen. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 COVER-BUDI IRIANTO-P2C13005.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 LEGALITAS-BUDI IRIANTO-P2CC13005.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 ABSTRAK-BUDI IRIANTO-P2CC13005.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (BabI)
4 BAB I-BUDI IRIANTO-P2CC13005.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabII)
5 BAB II-BUDI IRIANTO-P2CC13005.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 BAB III-BUDI IRIANTO-P2CC13005.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 BAB IV-BUDI IRIANTO-P2CC13005.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
PDF (BabV)
8 BAB V-BUDI IRIANTO-P2CC13005.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA-BUDI IRIANTO-P2CC13005.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rumah sakit sebagai tempat pelayanan kesehatan harus didukung kelengkapan dan kenyamanan pelayanan. Rumah sakit umumnya menawarkan keragaman pelayanan kesehatan secara luas yaitu layanan perawatan medis,pengujian terhadap sebab sakit dan menyediakan pengobatan yang sesuai,perawatan atau melakukan prosedur pembedahan untuk menangani masalah kesehatan, kecelakaan dan gawat yaitu perawatan korban kecelakaan / individuyang memerlukan perawatan segera. Rumah Sakit Umum Permata Medika Kebumen (RSPM) yang berlokasi di Jalan Indrakila Nomor 17 Kebumen mulai beroperasi pada tanggal 15 Maret 2010 sesuai Izin Operasional Sementara No.503/145/KEP/2010, dan hingga saat ini RSPM masih dalam tahap perkembangan yaitu RSPM akan menambah jumlah pelayanan. Hasil survey pelayanan di RSU Permata Medika Kebumen masih ada beberapa pelayanan yang dianggap kurang memuaskan oleh pasien yaitu pelayanan dokter 1,4%, pelayanan keperawatan1,4%, sarana dan prasarana 1,3%. Penelitian ini dilakukan di RSU Permata Medika Kebumen dengan tujuan mengukur tingkat kepuasan di masing-masing bagian / unit, menganalisa pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pasien,menganalisa pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien di RSPM. Jenis penelitan ini adalah merupakan penelitian survei dengan metode kuantitatif, dengan menggunakan metode survey yang diberikan kepada pasien yang sedang dilakukan rawat inap di RSU Permata Medika Kebumen. Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 109 responden dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan proposional random sampling. Alat pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala Likertinterval 1-5. Responden memberikan jawaban pada rentang jawaban dari sangat tidak setuju hingga sangat setuju. Dengan analisis regresi linier berganda dan analisis korelasi sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tangible,reliability, responsiveness, assurance dan empathy memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pasien di RSU Permata Medika Kebumen. Koefisien regresisebesar 4,505 yang berarti variabel kepuasan mempunyai pengaruh positifterhadap loyalitas. Implikasi penelitian RSU Permata Medika Kebumen perlu melakukan pelatihan-pelatihan guna meningkatkan mutu pelayanan dan kinerja sumber dayamanusia, segera mensosialisasikan semua masukan, kritikan, maupun saran daripasien/ keluarga pasien rawat inap di RSU Permata Medika Kebumen kepada semua staf terkait, perlu memikirkan cara menekan kekurangan bidang pelayanan,peralatan, sarana prasarana dan SDM, sehingga mampu memberikan pelayanan yang prima.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Karakteristik, Kualitas, Kepuasan, Loyalitas |
| Subjects: | J > J56 Job satisfaction |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
| Depositing User: | Mrs Fathu R R |
| Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:46 |
| Last Modified: | 30 Jul 2025 03:46 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
