Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Perajin Gula Semut terhadap Model Social Enterpreneurship di CV Agro Berdikari

FITRI, Natania Dwi Rahma (2025) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Perajin Gula Semut terhadap Model Social Enterpreneurship di CV Agro Berdikari. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Natania Dwi Rahma Fitri-A1A021053-Skripsi-2025.pdf

Download (252kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Natania Dwi Rahma Fitri-A1A021053-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Natania Dwi Rahma Fitri-A1A021053-Skripsi-2025.pdf

Download (255kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Natania Dwi Rahma Fitri-A1A021053-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 August 2026.

Download (349kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Natania Dwi Rahma Fitri-A1A021053-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 August 2026.

Download (870kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Natania Dwi Rahma Fitri-A1A021053-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 August 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Natania Dwi Rahma Fitri-A1A021053-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Natania Dwi Rahma Fitri-A1A021053-Skripsi-2025.pdf

Download (251kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Natania Dwi Rahma Fitri-A1A021053-Skripsi-2025.pdf

Download (525kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Natania Dwi Rahma Fitri-A1A021053-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

CV Agro Berdikari merupakan perusahaan gula semut pertama di Kabupaten Kebumen. Perusahaan ini bekerja sama dengan perajin gula, pengepul dan lembaga pemerintah melalui model social enterpreneuship. Tingginya potensi gula semut di pasar ekspor menyebabkan banyaknya perusahaan baru. Mereka menawarkan harga jual yang lebih tinggi dengan standar kualitas rendah, sehingga banyak perajin binaan CV Agro Berdikari yang tertarik dengan perusahaan lain. Rendahnya kemampuan perajin dalam melakukan produksi gula semut, harga jual di tingkat perajin belum setara, banyaknya pohon kelapa yang ditebang, dan adanya perajin gula yang memasok ke perusahaan lain menjadi permasalahan yang perlu di evaluasi dari sisi kepuasan dan loyalitasnya. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mengidentifikasi model kerja sama social enterpreneurship dari CV Agro Berdikari yang diterapkan kepada perajin gula semut. 2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan perajin gula semut terhadap model kerja sama social enterpreneurship di CV Agro Berdikari. 3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas perajin gula semut terhadap model kerja sama social enterpreneurship di CV Agro Berdikari. 4) Menganalisis pengaruh kepuasan perajin gula semut terhadap loyalitas ke CV Agro Berdikari. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian dilaksanakan pada enam desa di Kabupaten Kebumen dengan sasaran perajin gula semut yang menjadi binaan CV Agro Berdikari. Pengambilan data dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2025. Perhitungan sampel menggunakan metode proporsionate stratified random sampling sebanyak 60 responden. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model social enterpreneurship yang diterapkan CV Agro Berdikari kepada perajin binaanya yaitu adanya akses pasar, perubahan mindset, pembentukan koperasi, pembentukan kelompok binaan, konsultan manajemen tentang pertanian, pendampingan tim ICS, bantuan sarana dan prasarana, jaminan kesehatan dan keselamatan kerja, serta kegiatan masyarakat. Program tersebut masih diperlukan evaluasi untuk menangani keluhan dari perajin gula terkait pendampingan tim ICS yang belum rutin, bantuan sarana dan prasarana produksi belum merata, dan jaminan kesehatan belum dibayarkan sepenuhnya dari perusahaan. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan perajin gula semut terhadap model social enterpreneurship di CV Agro Berdikari yaitu kualitas pelayanan, kemudahan, harga jual, dukungan sosial, dan pendampingan sosial usaha. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas perajin gula semut terhadap model social enterpreneurship di CV Agro Berdikari yaitu kualitas pelayanan, dukungan sosial, dan pendampingan sosial usaha, sedangkan kemudahan dan harga jual tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. 4) Pengaruh kepuasan perajin gula semut terhadap loyalitas ke CV Agro Berdikari yaitu tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A25254
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan Sosial, Kepuasan, Loyalitas
Subjects: A > A136 Agricultural industry
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs. NATANIA DWI RAHMA FITRI
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:15
Last Modified: 11 Aug 2025 07:15
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35684

Actions (login required)

View Item View Item