MUNTAMAH, Aliya (2025) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Flipbook terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X MAN 2 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Aliya Muntamah-C1L018036-Skripsi-2025.pdf Download (47kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aliya Muntamah-C1L018036-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (944kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aliya Muntamah-C1L018036-Skripsi-2025.pdf Download (332kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Aliya Muntamah-C1L018036-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2026. Download (403kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Aliya Muntamah-C1L018036-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2026. Download (670kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Aliya Muntamah-C1L018036-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (778kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Aliya Muntamah-C1L018036-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2026. Download (755kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Aliya Muntamah-C1L018036-Skripsi-2025.pdf Download (213kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aliya Muntamah-C1L018036-Skripsi-2025.pdf Download (474kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aliya Muntamah-C1L018036-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam hal media pembelajaran. Inovasi media digital menjadi penting untuk menunjang proses belajar mengajar yang lebih menarik, interaktif, dan efektif.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Flipbook terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 190 responden yang merupakan peserta didik kelas X MAN 2 Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk non-equivalent control group design yang pada prosesnya menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling yang penentuan sampelnya didasarkan atas kriteria-kriteria tertentu. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh sampel sebanyak 76 peserta didik kelas X RISET dan X SENI yang diuji dengan menggunakan instrumen berbentuk pilihan ganda sebanyak 18 soal. Penelitian ini menggunakan analisis uji independent sample t-test dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menerapkan media pembelajaran Flipbook dengan yang menerapkan media konvensional, (2) media pembelajaran Flipbook berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Implikasi pada penelitian ini yaitu: (1) penerapan media pembelajaran Flipbook memberikan dampak terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik, sehingga sekolah diharapkan dapat memfasilitasi pemanfaatan media pembelajaran digital seperti Flipbook, agar guru memiliki akses dan dukungan dalam penerapannya secara maksimal, (2) media Flipbook dapat menjadi salah satu strategi dalam meningkatkan capaian belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi, sehingga guru didorong untuk membiasakan diri menggunakan media pembelajaran Flipbook secara kreatif dan inovatif, serta menjadikannya sebagai variasi atau kombinasi media pembelajaran lainnya, agar proses belajar mengajar tidak monoton dan peserta didik tidak merasa jenuh selama pembelajaran berlangsung.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25416 |
| Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Flipbook, Media Konvensional, Hasil Belajar |
| Subjects: | A > A19 Academic achievement |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs Aliya Muntamah |
| Date Deposited: | 15 Aug 2025 04:15 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 04:15 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
