Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Sistem Penjualan Buku Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus Rayya Creativa Purwokerto)

ALBALKI, Muhammad Zein (2025) Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Sistem Penjualan Buku Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus Rayya Creativa Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Muhammad Zein Albalki-H1D020019-Skripsi-2025.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Zein Albalki-H1D020019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Zein Albalki-H1D020019-Skripsi-2025.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Muhammad Zein Albalki-H1D020019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 November 2026.

Download (167kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Muhammad Zein Albalki-H1D020019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 November 2026.

Download (285kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Muhammad Zein Albalki-H1D020019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 November 2026.

Download (281kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhammad Zein Albalki-H1D020019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Muhammad Zein Albalki-H1D020019-Skripsi-2025.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Zein Albalki-H1D020019-Skripsi-2025.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Zein Albalki-H1D020019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mendorong pelaku usaha untuk mengubah model pelayanan menjadi lebih efisien dan berbasis digital. Namun, Rayya Creativa, sebuah UMKM di bidang penerbitan buku di Purwokerto, masih menjalankan proses operasional secara manual, terutama dalam pencatatan data pelanggan, transaksi penjualan, dan komunikasi dengan pelanggan. Kondisi ini menyebabkan pelayanan lambat, antrean pembeli, serta potensi menurunnya loyalitas pelanggan akibat keterbatasan sumber daya manusia dan sistem yang tidak terintegrasi. Studi terdahulu menunjukkan bahwa penerapan sistem Customer Relationship Management (CRM) dapat meningkatkan efisiensi operasional dan loyalitas pelanggan secara signifikan. CRM mampu mengotomatisasi manajemen pelanggan, mempermudah analisis data, serta memberikan layanan yang lebih personal dan responsif. Bahkan, kontribusi CRM terhadap peningkatan loyalitas pelanggan pada UMKM tercatat mencapai 85,6%. Dalam penelitian ini, dikembangkan sistem CRM berbasis website menggunakan framework Laravel sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan loyalitas pelanggan di Rayya Creativa. Sistem ini dirancang untuk menjalankan fungsi operasional, analitik, dan kolaboratif sesuai prinsip CRM. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap proses bisnis, wawancara dengan pihak perusahaan, serta penyebaran kuesioner kepada pelanggan untuk mengukur potensi pembelian ulang apabila sistem CRM diterapkan. Hasil pengujian menunjukkan sistem memiliki tingkat keberhasilan tinggi dengan nilai User Acceptance Test (UAT) sebesar 92,95%. Selain itu, proyeksi Repeat Purchase Rate (RPR) meningkat dari 60% menjadi 85% setelah penerapan sistem, menunjukkan adanya potensi peningkatan loyalitas pelanggan sebesar 25%. Dengan demikian, sistem CRM yang dikembangkan berpotensi efektif dalam meningkatkan efisiensi layanan dan mempertahankan pelanggan secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H25331
Uncontrolled Keywords: CRM, Laravel, Loyalitas Pelanggan, Penjualan Buku, Repeat Purchase Rate (RPR)
Subjects: B > B285 Books
I > I260 Internet marketing
S > S23 Sales management
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr. Muhammad Zein Albalki
Date Deposited: 10 Nov 2025 00:49
Last Modified: 10 Nov 2025 00:49
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37961

Actions (login required)

View Item View Item