GINOLA, Syatama (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Google Classroom terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-SYATAMA GINOLA-C1L016001-SKRIPSI-2020 fix.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Syatama Ginola-C1L016001-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Syatama Ginola-C1L016001-Skripsi-2020 FIX.pdf Download (215kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Syatama Ginola-C1L016001-Skripsi-2020 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Syatama Ginola-C1L016001-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Syatama Ginola-C1L016001-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Syatama Ginola-C1L016001-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Syatama Ginola-C1L016001-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Syatama Ginola-C1L016001-Skripsi-2020.pdf Download (232kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Syatama Ginola-C1L016001-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Google Classroom Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMA N 2 Purwokerto” bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan perbedaan penerapan model pembelajaran Blended Learning Berbasis Google Classroom terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA N 2 Purwokerto tahun pelajaran 2019/2020 dengan teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji t Independent Test dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ialah: (1) terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran blended learning berbasis google classroom terhadap motivasi belajar, (2) terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran blended learning berbasis google classroom terhadap prestasi belajar, (3) terdapat perbedaan motivasi belajar antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis google classroom dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (4) terdapat perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis google classroom dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Implikasi yang dapat ditarik berdasarkan kesimpulan di atas adalah, bagi guru diharapkan tetap membuka komunikasi secara langsung ataupun melalui chat atau email karena dengan begitu peserta didik merasa terbantu dalam pembelajaran. Bagi peserta didik diharapkan dapat menggunakan gadgetnya untuk keperluan kegiatan belajar ataupun untuk menambah informasi berita terkait materi ekonomi yang sedang dipelajari. Bagi peneliti selanjutnya, diharpkan dapat menambahkan variabel lain yang dapat berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi belajar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Blended Learning, Google Classroom, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C20214 |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Blended Learning, Google Classroom, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | E > E75 Educational evaluation L > L89 Learning and scholarship |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Syatama Ginola |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 03:04 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 03:04 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6929 |
Actions (login required)
View Item |