NURRATRI, Ayu Sekar (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Sikap Kerjasama dengan Sikap Kerjasama sebagai Variabel Intervening. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover-Ayu Sekar Nurratri-C1L016002-SKRIPSI-2021.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS -Ayu Sekar Nurratri-C1L016002-SKRIPSI-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ayu Sekar Nurratri-C1L016002-SKRIPSI-2021.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Ayu Sekar Nurratri-C1L016002-SKRIPSI-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Ayu Sekar Nurratri-C1L016002-SKRIPSI-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (979kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Ayu Sekar Nurratri-C1L016002-SKRIPSI-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Ayu Sekar Nurratri-C1L016002-SKRIPSI-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Ayu Sekar Nurratri-C1L016002-SKRIPSI-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (894kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAPUS-Ayu Sekar Nurratri-C1L016002-SKRIPSI-2021.pdf Download (902kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ayu Sekar Nurratri-C1L016002-SKRIPSI-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu (quasi experimental desaign) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Sikap Kerjasama Sebagai Variabel Intervening”. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match terhadap sikap kerjasama, (2) mengetahui sikap kerjasama terhadap hasil belajar siswa, (3) mengetahui model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa dan (4) mengetahui sikap kerjasama memediasi hubungan korelasi antara model pembelajaran kooperatif Make A Match dengan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baturraden. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 35. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match berpengaruh terhadap sikap kerjasama, (2) terdapat pengaruh sikap kerjasama terhadap hasil belajar, (3) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match terhadap hasil belajar dan (4) sikap kerjasama secara tidak langsung dapat mempengaruhi model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis data dengan menggunakan software SPSS menunjukan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan sikap kerjasama siswa dengan t_hitung2.290 > t_(tabel )1.996. (2) Sikap kerjasama berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baturraden dengan nilai t_hitung11.075 > t_(tabel )1.996 . (3) model pembelajaran kooperatif make a match tidak berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Baturraden melalui analisis jalur dengan memasukan sikap kerjasama terdapat nilai t_hitung 0.340 > t_(tabel )1.996 . (4) Bahwa sikap kerjasama dapat berpengaruh secara tidak langsung dalam model pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. model pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui sikap kerjasama. Dengan t_hitung 2.05 > t_(tabel )1.96
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C21015 |
Uncontrolled Keywords: | Make A Match, Hasil Belajar Siswa, Sikap Kerjasama |
Subjects: | A > A19 Academic achievement L > L89 Learning and scholarship |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Ayu Sekar Nurratri |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 06:42 |
Last Modified: | 21 Jan 2021 06:42 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7188 |
Actions (login required)
View Item |