Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengembangan E-Module Pada Mata Pelajaran Ekonomi Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MAN 2 Banyumas

LATIFAH, Nur (2022) Pengembangan E-Module Pada Mata Pelajaran Ekonomi Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MAN 2 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nur Latifah-C1L018018-Skripsi-2022.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nur Latifah-C1L018018-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nur Latifah-C1L018018-Skripsi-2022.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nur Latifah-C1L018018-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2023.

Download (141kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nur Latifah-C1L018018-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2023.

Download (296kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nur Latifah-C1L018018-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2023.

Download (241kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nur Latifah-C1L018018-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nur Latifah-C1L018018-Skripsi-2022.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nur Latifah-C1L018018-Skripsi-2022.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nur Latifah-C1L018018-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul: “Pengembangan E-Module pada Mata Pelajaran Ekonomi Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MAN 2 Banyumas”. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pada modul mata pelajaran ekonomi. Modul tersebut berbentuk elektronik berbasis Flipbook Maker. Materi yang dicantumkan dalam modul tersebut adalah materi pendapatan nasional. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengembangkan E-Module mata pelajaran ekonomi berbasis Flipbook Maker pada materi pendapatan nasional, (2) untuk mengetahui tingkat kevalidan E-Module mata pelajaran ekonomi berbasis Flipbook Maker pada materi pendapatan nasional, (3) untuk mengetahui tingkat kepraktisan E-Module mata pelajaran ekonomi berbasis Flipbook Maker pada materi pendapatan nasional, (4) untuk mengetahui tingkat keefektifan E-Module mata pelajaran ekonomi berbasis Flipbook Maker pada materi pendapatan nasional dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS sejumlah 20 peserta didik dan XII IPS 5 sejumlah 33 peserta didik. Lokasi penelitian ini yaitu di MAN 2 Banyumas. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari lembar validasi untuk mengukur kevalidan E-Module, angket respons pendidik dan peserta didik untuk mengukur kepraktisan E-Module, dan angket minat belajar untuk mengukur keefektifan E-Module. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan E-Module pada mata pelajaran ekonomi berbasis Flipbook Maker merujuk pada model Borg and Gall modifikasi Sugiyono terdiri dari sepuluh langkah, (2) tingkat kevalidan E-Module pada mata pelajaran ekonomi berbasis Flipbook Maker yaitu 3.49 berada pada kategori valid, (3) tingkat kepraktisan E-Module pada mata pelajaran ekonomi berbasis Flipbook Maker yaitu 3.51 berada pada kategori praktis, (4) tingkat keefektifan E-Module pada mata pelajaran ekonomi berbasis Flipbook Maker dikategorikan cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik karena adanya peningkatan nilai sebelum dan sesudah menggunakan E-Module berbasis Flipbook Maker. Implikasi dari penelitian ini yaitu E-Module pada mata pelajaran ekonomi berbasis Flipbook Maker khususnya pada materi pendapatan nasional dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dan dapat menjadi pengganti LKS, dan E-Module pada mata pelajaran ekonomi berbasis Flipbook Maker khususnya pada materi pendapatan nasional dapat digunakan dimana pun dan kapan pun dengan catatan jaringan internet yang dimiliki oleh peserta didik merupakan jaringan internet yang kuat dan lancar serta baterai handphone juga masih terisi sehingga tidak mati saat digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22397
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-Module, Mata Pelajaran Ekonomi, Flipbook Maker, Minat Belajar
Subjects: C > C716 Concept learning
E > E49 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Nur Latifah
Date Deposited: 01 Sep 2022 01:05
Last Modified: 01 Sep 2022 01:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17990

Actions (login required)

View Item View Item