UTARI, Sri Rahayu (2023) Pengaruh Literasi Digital dan Learning Management System (LMS) Terhadap Kualitas Pembelajaran dengan Self-Directed Learning (SDL) sebagai Variabel Moderasi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Skripsi-Sri Rahayu Utari-C1L019033-Skripsi-2023.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sri Rahayu Utari-C1L019033-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sri Rahayu Utari-C1L019033-Skripsi-2023.pdf Download (2MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Sri Rahayu Utari-C1L019033-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 9 August 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Sri Rahayu Utari-C1L019033-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 9 August 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Sri Rahayu Utari-C1L019033-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 9 August 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Sri Rahayu Utari-C1L019033-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Sri Rahayu Utari-C1L019033-Skripsi-2023.pdf Download (2MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sri Rahayu Utari-C1L019033-Skripsi-2023.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sri Rahayu Utari-C1L019033-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pada mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital dan Learning Management System (LMS) terhadap kualitas pembelajaran dengan Self-Directed Learning (SDL) sebagai variabel moderasi. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan yaitu mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2020, 2021 dan 2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling dan jumlah sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah 87 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan hasil diantaranya pertama, literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran; kedua, LMS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran; ketiga, SDL memoderasi pengaruh literasi digital terhadap kualitas pembelajaran; dan keempat, SDL memoderasi pengaruh LMS terhadap kualitas pembelajaran. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu: universitas perlu mengadakan pelatihan untuk dosen dan mahasiswa agar dapat memanfaatkan teknologi secara optimal. Selain itu, mengintegrasikan literasi digital dan LMS dalam kurikulum dan program pembelajaran serta memastikan bahwa infrastruktur teknologi dan akses internet tersedia dan memadai. Dosen perlu mengembangkan literasi digital dengan memahami dan mampu menggunakan alat dan platform digital yang relevan dengan mata kuliah yang diajar. Selain itu, memberikan bimbingan dan dukungan kepada mahasiswa dalam pengembangan literasi digital dan penggunaan LMS dengan menyediakan panduan, tutorial, atau pelatihan tambahan untuk membantu mahasiswa memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran serta mengembangkan strategi pembelajaran yang mendorong SDL dan memanfaatkan LMS sebagai alat pendukung. Mahasiswa perlu mengembangkan literasi digital dan memanfaatkan LMS dengan baik untuk mengoptimalkan pembelajaran. Selain itu, mahasiswa juga perlu mengambil inisiatif dalam SDL dengan harus aktif mencari sumber daya pembelajaran tambahan, berpartisipasi dalam diskusi online, dan mengatur waktu dan tujuan belajar mereka sendiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C23333 |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Digital, Learning Management System (LMS), Self-Directed Learning (SDL) dan Kualitas Pembelajaran |
Subjects: | L > L89 Learning and scholarship |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. UTARI Sri Rahayu |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 01:39 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 01:39 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22390 |
Actions (login required)
View Item |