Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Inovasi Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Lapak Aduan Banyumas

AZARI, Hisyam (2023) Pengaruh Inovasi Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Lapak Aduan Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER HISYAM AZARI F1B018102 SKRIPSI 2023.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS HISYAM AZARI F1B018102 SKRIPSI 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK HISYAM AZARI F1B018102 SKRIPSI 2023.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I HISYAM AZARI F1B018102 SKRIPSI 2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (351kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II HISYAM AZARI F1B018102 SKRIPSI 2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III HISYAM AZARI F1B018102 SKRIPSI 2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (334kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV HISYAM AZARI F1B018102 SKRIPSI 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V HISYAM AZARI F1B018102 SKRIPSI 2023.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA HISYAM AZARI F1B018102 SKRIPSI 2023.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN HISYAM AZARI F1B018102 SKRIPSI 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Citra pelayanan publik di Indonesia sempat buruk oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan banyak masyarakat yang mengalami kesulitan dalam urusan administrasi negara. Banyaknya proses administrasi yang berbelit, tidak efisien, memakan banyak waktu dan biaya, serta tidak adanya transparansi dari pelayan publik membuat kepuasan masyarakat menurun. Pentingnya kepercayaan publik pada pelayanan yang diberikan oleh pemerintah sangat berpengaruh terhadap jalannya pemerintahan. Kepuasan masyarakat juga memengaruhi partisipasi dari masyarakat, begitu juga sebaliknya. Apabila masyarakat berpartisipasi aktif terhadap birokrasi, maka kepuasan masyarakat dapat ditingkatkan. Saat ini, pemerintah juga mendorong partisipasi aktif dari masyarakat dalam urusan pembangunan. Lapak Aduan Banyumas merupakan sebuah platform digital yang didalamnya menampung aduan, keluhan, informasi, pertanyaan, dan saran yang disampaikan oleh masyarakat terhadap berbagai pelayanan di lingkungan Kabupaten Banyumas. maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat yang dipengaruhi oleh Inovasi Pelayanan pada layanan Lapak Aduan Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan format eksplanasi survei. Teknik analisis data dilakukan dengan SPSS yitu uji regresi linear sedehana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan Uji Hipotesis uji t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa nilai koefisien korelasi berganda (R) antara Inovasi Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat adalah sebesar 0,790 dalam rentang 0,600 – 0,799. Data ini menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara Inovasi Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Lapak Aduan Banyumas. Hasil perhitungan menggunakan SPSS dengan uji kooefisien determinasi diketahui bahwa Uji Determinasi (R2) menunjukan nilai koefesien determinasi (R square) sebesar 0,624 dimana mengartikan bahwa pengaruh variabel Inovasi Pelayanan Publik (X) Kepuasan Masyarakat (Y) adalah sebesar 62,4% sedangkan sisanya yaitu 37,6% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23430
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Inovasi Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Lapak Aduan Banyumas
Subjects: C > C432 Civil service
J > J56 Job satisfaction
P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mr Hisyam Azari
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:24
Last Modified: 28 Aug 2023 04:24
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23417

Actions (login required)

View Item View Item