Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dan Pengalaman Magang terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman

UTAMI, Pricilia Putri (2024) Pengaruh Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dan Pengalaman Magang terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Pricilia Putri Utami-C1L019042-Skripsi-2024.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Pricilia Putri Utami-C1L019042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Pricilia Putri Utami-C1L019042-Skripsi-2024.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Pricilia Putri Utami-C1L019042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 September 2025.

Download (135kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Pricilia Putri Utami-C1L019042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 September 2025.

Download (317kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Pricilia Putri Utami-C1L019042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 September 2025.

Download (233kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Pricilia Putri Utami-C1L019042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Pricilia Putri Utami-C1L019042-Skripsi-2024.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Pricilia Putri Utami-C1L019042-Skripsi-2024.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Pricilia Putri Utami-C1L019042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial maupun simultan Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK), Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dan pengalaman magang terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan metode survei, melibatkan populasi sebanyak 124 mahasiswa dari Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2019, 2020, dan 2021. Sampel penelitian ini adalah 95 mahasiswa dan proportionate stratified random sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian dan analisis data menggunakan SPSS 25 dan EViews 10, menunjukkan bahwa TK, PK, CK secara parsial tidak berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. TPACK dan pengalaman magang secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. TK, PK, CK, TPACK, dan pengalaman magang secara simultan berpengaruh positif terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Implikasi dalam penelitian ini adalah upaya untuk meningkatkan kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Upaya yang dapat dilakukan, yaitu: (1) Mahasiswa dapat meningkatkan literasi dari segi teknologi, konten, dan pedagogik; (2) Dosen dapat memberikan materi yang lebih spesifik mengenai TPACK; (3) Program studi dapat memberikan program pelatihan, seminar atau workshop berkaitan dengan integrasi TPACK; (4) Mahasiswa dapat meningkatkan intensitas praktik mengajar melalui microteaching; (5) Program studi dapat melakukan peninjuan ulang dan evaluasi yang lebih dalam pada program magang; (6) Dosen memberikan bimbingan lebih mendalam dan feedback berkelanjutan; (7) Penelitian serupa dapat dilakukan pada subjek atau lokasi lain. Kata Kunci: Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK), Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK), Pengalaman Magang, Kesiapan menjadi Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24453
Uncontrolled Keywords: Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK), Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK), Pengalaman Magang, Kesiapan menjadi Guru
Subjects: K > K35 Knowledge
T > T53 Teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Pricilia Putri Utami
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:17
Last Modified: 24 Sep 2024 02:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29898

Actions (login required)

View Item View Item