NURFITRI, Nadilah (2025) Hubungan Durasi Penggunaan Media Sosial Untuk Belajar dengan Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa Sarjana Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Nadilah Nurfitri-I1B021001-Skripsi-2025.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nadilah Nurfitri-I1B021001-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 January 2026. Download (300kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nadilah Nurfitri-I1B021001-Skripsi-2025.pdf Download (221kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Nadilah Nurfitri-I1B021001-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 January 2026. Download (235kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Nadilah Nurfitri-I1B021001-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 January 2026. Download (296kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nadilah Nurfitri-I1B021001-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 January 2026. Download (291kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nadilah Nurfitri-I1B021001-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Nadilah Nurfitri-I1B021001-Skripsi-2025.pdf Download (218kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nadilah Nurfitri-I1B021001-Skripsi-2025.pdf Download (234kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nadilah Nurfitri-I1B021001-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
Abstract
Latar Belakang: Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam mencapai keberhasilan akademik terutama bagi mahasiswa. Motivasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk perkembangan teknologi. Mahasiswa memanfaatkan media sosial dengan durasi waktu yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara durasi penggunaan media sosial untuk belajar dengan tingkat motivasi belajar. Metodologi: Penelitian kuantitatif analitik korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sebanyak 209 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner durasi penggunaan media sosial dan kuesioner Model Motivasi ARCS-V. Hipotesis diuji menggunakan uji Somers’D. Hasil Penelitian: Mayoritas responden penelitian berusia 20 tahun, berjenis kelamin perempuan (89,95%). Responden terbanyak yaitu angkatan 2023 (41,15%), mayoritas mempunyai nilai IPK >3,50 (74,64%), media sosial yang dimiliki responden berjumlah 6 jenis aplikasi (30,14%), aplikasi media sosial yang digunakan untuk belajar yaitu Youtube (46,90%). Durasi menggunakan media sosial secara umum yaitu >6 jam/hari (66,51%) dari waktu tersebut yang digunakan untuk belajar yaitu selama 31-45 menit/hari (52,63%). Tingkat motivasi belajar mayoritas berada pada tingkat motivasi sedang (78,95%). Hasil analisis didapatkan nilai p-value <0,001 dan nilai r 0,254 menunjukan kekuatan korelasi sangat lemah. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan terdapat hubungan yang bermakna antara durasi penggunaan media sosial untuk belajar dengan tingkat motivasi belajar. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara durasi penggunaan media sosial untuk belajar dengan tingkat motivasi belajar. Institusi perlu mengelola penggunaan media sosial bagi mahasiswa untuk membantu meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I25012 |
Uncontrolled Keywords: | Tingkat motivasi belajar, Durasi penggunaan media sosial |
Subjects: | C > C559 College students L > L89 Learning and scholarship P > P612 Psychology of learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Mrs Nadilah Nurfitri |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 03:18 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 03:18 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31570 |
Actions (login required)
View Item |