Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Praktik Microteaching, Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Profesi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

FAUZIAH, Tsaniya Resti (2025) Pengaruh Praktik Microteaching, Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Profesi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Tsaniya Resti Fauziah-C1L020024-Skripsi-2025.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tsaniya Resti Fauziah-C1L020024-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tsaniya Resti Fauziah-C1L020024-Skripsi-2025.pdf

Download (267kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Tsaniya Resti Fauziah-C1L020024-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2026.

Download (292kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Tsaniya Resti Fauziah-C1L020024-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2026.

Download (411kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Tsaniya Resti Fauziah-C1L020024-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2026.

Download (369kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Tsaniya Resti Fauziah-C1L020024-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Tsaniya Resti Fauziah-C1L020024-Skripsi-2025.pdf

Download (226kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tsaniya Resti Fauziah-C1L020024-Skripsi-2025.pdf

Download (237kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tsaniya Resti Fauziah-C1L020024-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh praktik microteaching, persepsi profesi guru, efikasi diri terhadap minat melanjutkan Pendidikan Porfesi Guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2024. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner tertutup, melalui metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2020, 2021, dan 2022 yang sudah atau sedang menjalani praktik microteaching sejumlah 71 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 71 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Data sekunder yang telah diperoleh ditransformasikan menjadi data interval menggunakan Method of Successive Interval (MSI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik microteaching, persepsi profesi guru, efikasi diri memiliki pengaruh positif terhadap minat melanjutkan Pendidikan Profesi Guru. Semakin baik praktik microteaching, persepsi terhadap profesi guru, efikasi diri, maka semakin tinggi pula minat mahasiswa melanjutkan Pendidikan Profesi Guru. Implikasi dari penelitian ini yaitu: diharapkan penelitian ini dapat menambah pengetahuan tentang pengaruh praktik microteaching, persepsi profesi guru, efikasi diri terhadap minat melanjutkan Pendidikan Profesi Guru. Hasilnya, penelitian ini diharapkan Universitas Jenderal Soedirman dapat terus meningkatkan kualitas pelaksanaan mata kuliah praktik microteaching, dapat membentuk persepsi profesi guru yang positif, dan meningkatkan efikasi diri mahasiswa, sehingga dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk melanjutkan Pendidikan Profesi Guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25123
Uncontrolled Keywords: Praktik Microteaching, Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri, Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Subjects: T > T41 Teachers
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. Tsaniya Resti Fauziah
Date Deposited: 30 Jan 2025 08:00
Last Modified: 30 Jan 2025 08:00
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31792

Actions (login required)

View Item View Item