APRIATI, Apriati (2025) Pengaruh Magang Kependidikan, Kompetensi Digital, dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Apriati-C1L021026-Skripsi-2025.pdf Download (123kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Apriati-C1L021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Apriati-C1L021026-Skripsi-2025.pdf Download (244kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Apriati-C1L021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 July 2026. Download (301kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Apriati-C1L021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 July 2026. Download (517kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Apriati-C1L021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 July 2026. Download (443kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Apriati-C1L021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Apriati-C1L021026-Skripsi-2025.pdf Download (219kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Apriati-C1L021026-Skripsi-2025.pdf Download (237kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Apriati-C1L021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan antara harapan institusi dan pilihan karir lulusan yang didukung oleh pernyataan mahasiswa aktif yang merasa tidak siap untuk menjadi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh magang kependidikan, kompetensi digital dan efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNSOED. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 pada Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNSOED. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei yang dilakukan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNSOED yang telah menempuh mata kuliah magang kependidikan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner. Kuesioner ini dibagikan kepada sampel yang berjumlah 81 mahasiswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama magang kependidikan, kompetensi digital dan efikasi diri secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan ekonomi UNSOED. Kedua, magang kependidikan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan ekonomi UNSOED. Ketiga, secara parsial kompetensi digital dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan ekonomi UNSOED. Penelitian ini menyajikan implikasi bagi pengembangan calon guru di Pendidikan Ekonomi UNSOED. Mahasiswa diharapkan mengoptimalkan pengalaman magang serta meningkatkan kompetensi digital dan efikasi diri, karena ketiganya esensial untuk membekali mereka menghadapi tantangan pendidikan. Program Studi Pendidikan Ekonomi perlu merespons dengan merancang kurikulum terpadu yang simultan meningkatkan aspek magang, kompetensi digital, dan efikasi diri mahasiswa; meninjau ulang kualitas program magang; memperkuat kurikulum dan fasilitas digital; serta memaksimalkan kegiatan peningkatan efikasi diri. Sementara itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED diharapkan mendukung dengan menyediakan infrastruktur digital, mendorong penelitian lanjutan terkait kesiapan lulusan, dan memfasilitasi kolaborasi dengan sekolah mitra untuk relevansi magang dan informasi karir.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25348 |
| Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Menjadi Guru, Magang Kependidikan, Kompetensi Digital, Efikasi Diri, Mahasiswa Pendidikan. |
| Subjects: | I > I266 Internship programs T > T41 Teachers |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs Apriati Apriati |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:40 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 07:40 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
